Saturday, September 12, 2015

Peristiwa Penting 12 September, #hariinidalamsejarah

Peristiwa Penting Pada 12 September :

1609: Henry Hudson berlayar dan memulai eksplorasinya ke Sungai Hudson.
Henry Hudson, via www.jcs-group.com


1683 - Perang Austria-Ottoman: Pertempuran Wina - Beberapa pasukan tentara Eropa bersatu untuk mengalahkan Kerajaan Ottoman. 
Suasana Perang, via indonesia.faithfreedom.org
Raja John III (John Sobieski) dari Polandia mengalahkan Turki di gerbang Wina, mengakhiri pengepungan kota itu yang telah dimulai sejak tanggal 17 Juli; setelah kekalahan ini, tentara Ottoman runtuh dan terus kehilangan wilayahnya pada orang-orang Eropa.


1923 - Persatuan Islam (atau Persis) didirikan di Bandung. Mohammad Natsir yang masih muda, ikut menjadi anggotanya. 
Logo Persis, via khazanah.republika.co.id
1940 - Lukisan gua di Lascaux, Perancis ditemukan.
Lukisan Gua, via mukainternet.blogspot.com
Empat remaja laki-laki yang sedang mencari anjing mereka yang hilang menemukan Lascaux, sebuah situs gua di Perancis selatan berisi beberapa contoh seni prasejarah paling spektakuler.


1974 - Kaisar Haile Selassie I dari Ethiopia, 'Juru Selamat' Gerakan Rastafari, digulingkan melalui sebuah kudeta militer. 
Kaisar, via 4anakrasta.blogspot.com


1980 - Kudeta militer di Turki. 
Bendera Turki, via bayuyudhaprasetya.wordpress.com

1984 - Peristiwa Tanjung Priok. 23 orang tewas dalam insiden ini.
Tragedi Priok, via citizendaily.net

Pada pertengahan tahun 1984, beredar isu tentang RUU organisasi sosial yang mengharuskan penerimaan azas tunggal. Hal ini menimbulkan implikasi yang luas. Diantara pengunjung masjid di daerah ini, terdapat seorang mubaligh yang terkenal, menyampaikan ceramah pada jama’ahnya dengan menjadikan isu ini sebagi topik pembicarannya, sebab Rancangan Undang-Undang tsb sudah lama menjadi masalah yang kontroversial.
Pada tanggal 7 September 1984, seorang Babinsa beragama Katholik sersan satu Harmanu datang ke musholla kecil yang bernama “Musholla As-sa’adah” dan memerintahkan untuk mencabut pamflet yang berisi tulisan problema yang dihadapi kaum muslimin pada masa itu, dan disertai pengumuman tentang kegiatan pengajian yang akan datang.
Tak heran jika kemudian orang-orang yang disitu marah melihat tingkah laku Babinsa itu. pada hari berikutnya Babinsa itu datang lagi beserta rekannya, untuk mengecek apakah perintahnya sudah dijalankan apa belum. Setelah kedatangan kedua itulah muncul isu yang menyatakan, kalau militer telah menghina kehormatan tempat suci karena masuk mushola tanpa menyopot sepatu, dan menyirami pamflet-pamflet di musholla dengan air comberan.
Tragedipun tak dapat dielakkan, demo besar2an hingga pembantaian pun terjadi yang mengakibatkan puuhan orang meninggal dunia.
sumber : https://indocropcircles.wordpress.com/2014/05/30/tragedi-tanjung-priok-1984-pembantaian-kaum-muslimin-oleh-abri/


1992 - Pesawat ulang-alik Endeavour diluncurkan menandai peluncuran pesawat ulang-alik yang ke-50. 
Endeavour, via abcnews.go.com


1993 - Pesawat ulang-alik Discovery diluncurkan menandai peluncuran pesawat ulang-alik yang ke-57. 
Discovery, via studentdeii.blogspot.com

1999: Presiden Indonesia, B.J. Habibie akhirnya setuju untuk mengizinkan pasukan penjaga perdamaian internasional ke Timor Timur untuk meredam kekerasan yang meletus setelah referendum pro-kemerdekaan.
Pasukan Perdamaian, via indo-artileri.blogspot.com



http://www.kembangpete.com/2014/09/11/peristiwa-penting-yang-terjadi-pada-tanggal-12-september/
https://id.wikipedia.org/wiki/12_September

No comments:

Post a Comment