Friday, September 18, 2015

Peristiwa 18 September, #hariinidalamsejarah

Peristiwa Penting 18 September :


1810 - Chili memproklamasikan kemerdekaannya dari penjajahan Spanyol.
Bendera Chile, via sebelasipadualabsky.blogspot.com
Chili pada tahun 1536 dijajah oleh Spanyol dan dijadikan bagian dari wilayah Peru yang juga dijajah oleh Spanyol. Pada tahun 1788, Raja Spanyol Charlos III memisahkan Chili dari Peru. Perjuangan kebebasan pertama rakyat Chili dimulai pada tahun 1814. Namun, pejuang Chili kalah dalam melawan tentara pemerintah Spanyol.
Pada tahun 1817, Jose San Martin, komandan Argentina bersama beberapa ribu pasukannya menyerbu beberapa sejumlah wilayah jajahan Spanyol, di antaranya Peru dan Chili. Dengan dukungan rakyat Chili, Jose San Martin berhasil mengusir tentara Spanyol dan pada tahun 1818, Chili berhasil menjadi negara merdeka.
Chili memiliki luas wilayah 756.626 kilometer persegi dan terletak di bagian barat Amerika selatan. Negara Chili berbatasan dengan Argentina, Bolivia, dan Peru.
sumber : http://indonesian.irib.ir/iran/item/85365-chili-merdeka


1851: New York Times mulai diterbitkan di New York City sebagai New York Daily Times; namanya berubah pada tahun 1857.
New York Times edisi pertama, via english.stackexchange.com
The New York Times adalah koran harian yang diterbitkan di New York oleh Arthur Ochs Sulzberger Jr. dan didistribusikan secara internasional. Koran ini dimiliki oleh perusahaan The New York Times Company, yang juga menerbitkan 15 koran lainnya, antara lain International Herald Tribune dan Boston Globe. Koran ini dijuluki "Gray Lady" karena gaya dan penampilannya, dan dianggap sebagai koran yang bisa diandalkan sebagai sumber referensi resmi untuk kejadian-kejadian terkin. Anggota stafnya telah berhasil memenangi lebih dari 100 Penghargaan Pulitzer, terbanyak dibandingkan dengan organisasi berita lainnya.


1898: Sebuah konfrontasi antara pasukan Prancis dan Inggris di Sudan membawa dua kekuatan kolonial itu ke dalam peperangan yang disebut sebagai Insiden Fashoda. 
Fashoda, via www.granger.com


1947: U.S. Air Force menjadi cabang yang sepenuhnya independen dari militer; Jenderal Carl Spaatz menjadi kepala pertamanya. USAF adalah angkatan udara termodern di dunia dengan lebih dari 9.000 armada dan 352.000 tentara.
USAF, via www.bizpacreview.com


1948 - Peristiwa Madiun terjadi di Indonesia.
Amir Sjarifudin dan  Suriono yang ditangkap TNI dan dibawa ke Jogja, via sejarahkita.blogspot.com
PERISTIWA Madiun (Madiun Affairs) adalah sebuah konflik kekerasan atau situasi chaos yang terjadi di Jawa Timur bulan September – Desember 1948. Peristiwa ini diawali dengan diproklamasikannya negara Soviet Republik Indonesia pada tanggal 18 September 1948 di Madiun oleh Muso, seorang tokoh Partai Komunis Indonesia dengan didukung pula oleh Menteri Pertahanan saat itu, Amir Sjarifuddin.
Pada saat itu hingga era Orde Lama peristiwa ini dinamakan Peristiwa Madiun (Madiun Affairs), dan tidak pernah disebut sebagai pemberontakan Partai Komunis Indonesia (PKI). Baru di era Orde Baru peristiwa ini mulai dinamakan pemberontakan PKI.
Bersamaan dengan itu terjadi penculikan tokoh-tokoh masyarakat yang ada di Madiun, baik itu tokoh sipil maupun militer di pemerintahan ataupun tokoh-tokoh masyarakat dan agama.
Masih ada kontroversi mengenai peristiwa ini. Sejumlah pihak merasa tuduhan bahwa PKI yang mendalangi peristiwa ini sebetulnya adalah rekayasa pemerintah Orde Baru (dan sebagian pelaku Orde Lama). 
 
sumber : http://www.asal-usul.com/2009/03/peristiwa-dulu-pemberontakan-pki-madiun.html


1977 - Voyager I mengambil foto angkasa pertama Bumi dan Bulan pada jarak 7,25 juta mil dari Bumi. Bumi terlihat beberapa kali lebih terang dari Bulan.
Bumi Bulan, via neyagoodguy.wordpress.com


1998 - ICANN dibentuk.
Logo ICANN, via https://www.icann.org/
ICANN, singkatan dari Internet Corporation for Assigned Names and Numbers, adalah organisasi nirlaba yang didirikan pada 18 September 1998 dan resmi berbadan hukum pada 30 September 1998. Organisasi yang berkantor pusat di Marina Del Rey, California ini ditujukan untuk mengawasi beberapa tugas yang terkait dengan Internet yang sebelumnya dilakukan langsung atas nama pemerintah Amerika Serikat oleh beberapa organisasi lain, terutama Internet Assigned Numbers Authority (IANA).

2014 - Rakyat Skotlandia melakukan referendum bersejarah, untuk menentukan apakah Skotlandia akan menjadi negara terpisah, atau tetap di bawah Inggris Raya.
Skotlandia dan Inggris Raya, via news.detik.com
Setelah 307 tahun di bawah Inggris raya, Skotlandia mendatangi tempat-tempat pemungutan suara untuk referendum yang akan menentukan apakah Skotlandia akan menjadi negara terpisah, atau tetap di bawah Inggris Raya.
Hasil referendum itu membuat Inggris Raya dapat bernapas lega. Karena sebagian warga Skotlandia memilih untuk melanjutkan kebersamaan dengan Inggris. Dengan begitu, Skotlandia resmi tetap menjadi bagian dari Negeri Ratu Elizabeth. Hal tersebut terjadi setelah 54 persen warga Skotlandia dalam referendum memilih tidak untuk merdeka. Kepastian itu didapat setelah dua daerah besar selesai melakukan penghitungan. Wilayah tersebut adalah Aberdeen dan Aberdeenshire.
Karena sebelumnya ada harapan yang membumbung tinggi bagi kelompok pro-kemerdekaan, ini terjadi di wilayah penting Skotlandia yaitu Glasgow, kelompok pro-kemerdekaan menang. Namun, hal tersebut seakan tidak berarti setelah mayoritas warga Aberdeen dan Aberdeenshire memilih tetap bersama Inggris. 
sumber : http://lipsus.kompas.com/topikpilihanlist/3254/1/referendum.skotlandia
http://news.okezone.com/read/2014/09/19/414/1041472/hasil-referendum-skotlandia-tetap-bersama-inggris














https://id.wikipedia.org/wiki/18_September
http://hingga.com/15179/aneka-peristiwa-yang-terjadi-tanggal-18-september/
http://www.kembangpete.com/2014/09/17/peristiwa-penting-yang-terjadi-pada-tanggal-18-september/

No comments:

Post a Comment